Saturday, October 3, 2009

Perjuangan Politik di dalam Negara Islam

Sebuah sistem politik akan berjalan selama rakyat masih percaya kepada pemimpinnya untuk mengatur kehidupan mereka. Untuk mengubah sistem tersebut haruslah diputus kepercayaan rakyat terhadap pemimpinnya (dhorbul alaqot). Untuk itu harus dijelaskan dan dibongkar kerosakan pemimpin yang ada, pengkhianatan mereka terhadap rakyat, ketidakadilan mereka mengurus rakyat. Termasuk menjelaskan persengketaan mereka dengan negara-negara musuh imperialis yang menyebabkan derita rakyat. Aktiviti ini lah yang disebut perjuangan politik.

Amal politik ini dilihat dari penentangan parti tersebut terhadap negara-negara imperialis kafir dalam rangka memerdekakan umat dari belengu penjajahan mereka. Membebaskan umat dari tekanan dan pengaruhnya, serta mencabut akar-akarnya baik berupa pemikiran, budaya, politik, ekonomi, maupun ketenteraan dari seluruh negeri-negeri Islam. Termasuk dalam amal politik ini adalah menentang pemimpin,dalam mengungkap pengkhianatan mereka, melancarkan kritik (muhasabah), kontrol, dan koreksi terhadap mereka. Serta berusaha mengganti mereka apabila mereka melanggar hak-hak umat.

Hal ini dilakukan Rasulullah dengan menjelaskan kerosakan pemimpin-pemimpin kafir Quraish pada waktu itu. Abu Lahab, Abu Jahal, dan Abu Sofyan merupakan pemimpin-pemimpin yang kerap dikritik oleh Rasulullah. Bersama sahabatnya, Rasulullah menyampaikan ayat-ayat al-Qur’an yang berisi kecaman terhadap Abu Lahab yang menolak kebenaran yang disampaikan Rasulullah dengan cara yang hina dan ada juga ayat al Quran yang mengungkap keburukan Abu Sofyan yang tidak memperhatikan anak-anak yatim. Amal praktik yang boleh dilakukan saat ini ialah dengan memilih uslub (strategi) seminar, diskusi, demonstrasi damai , ceramah-ceramah, debat politik atau media-media lainnya.

1 comment:

  1. ini kita dapat lihat pelbagai msalah politik yg berlaku dlm ngr n antarabgsa skrg ni...perkr ni jgnlah dijadikan alasan untk bermsh antara Islam dan antara melayu...percayanlah..msh Islam gmbira mlihat umat Islam bermusuh sesama sendri..

    dalam soal ini..kt serahkan pd rakyat sndri utk mnntukkan pucuk kepmpinn mrk...yg pnting jauhi sifat zalim n mgkhianati...

    pmimpn yg dekat dgn kalam Allah..itulah sebaik2 pemimpin bg kamu...yg hak ttp hak...yg batil ttp batil

    ReplyDelete